Home » , , » Mengatasi Stress !!!

Mengatasi Stress !!!

Posted by Minta Informasi on Tuesday 23 February 2016


Kita sering mendengar istilah Stres kan, dimana suatu kondisi yang melibatkan beban jiwa seseorang ketika berhadapan dengan beragam persoalan dalam kehidupan. Dengan beban ini, orang tersebut diharuskan untuk melakukan tindakan, kontrolserta penyesuaian terhadap segala sesuatunya agar menjadi seimbang. Stres juga masuk kategori reaksi yang normal yang diakibatkan dengan adanya tekanan dalam kehidupan, maka dari itu setiap manusia mulai dari yang anak-anak sekalipun sampai remaja dan dewasa bisa mengalaminya.

Bagaimana proses Stress itu terjadi ?

hakikatnya stres itu bisa terjadi dikarenakan otak kita memberikan sinyal kepada tubuh agar melepaskan banyak hormon setelah menghadapi suatu kondisi / situasi yang terjadi. Tujuannya pelepasan hormon ini dimaksudkan agar tubuh kita memiliki energi yang cukup untuk melakukan tindakan dalam menghadapi situasi yang terjadi tersebut.

Penyebab Stress

Ketika tubuh kita mendapatkan suplay energi untuk menghadapi suatu kondisi persoalan, sebetulnya keadaan itu sangat baik dalam meningkatkan kinerja kemampuan seseorang. Namun pada zaman yang sekarang ini, tekanan hidup banyak sekali berdatangan dengan berbagai sisi yang bersifat keadaan psikologis seseorang berpengaruh. Pada akhirnya, stres secara yang secara terus-menerus bisa terjadi dan berakibat tubuh kita menjadi lelah. Akibatnya seseorang itu menjadi sulit berpikir jernih, hingga berefek pada kualitas hidup, interaksi sosialnya sampai dengan kesehatan orang tersebut akan mengalami kesulitan. Oleh sebab itu, hal yang penting pengetahuan cara menangani stres itu sendiri, agar nantinya tubuh selalu memberikan signal yang baik ke tubuh pada saat menghadapi banyak situasi yang akan dihadapi. 


Berikut cara mengatasi stres 

1. Lakukan kegiatan yang menjadi Hobi kita

cara ini tergolong cara yang paling mudah didalam mengatasi stress berat, yaitu dengan melakukan hobi yang ingin kita lakukan. Hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang jika dilakukan. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan reaksi gembira atau senang sehingga akibatnya menjadi hiburan tersendiri terhadap pikiran dan jiwa seseorang. Bahkan, melakukan hobi itu, mampu memberikan efek positif kepada seseorang menjadi semangat, walaupun seseorang itu habis melakukan aktifitas yang melelahkan. Umumnya, hobi itu terbagi menjadi beberapa macam, yaitu :

- Mengoleksi, yakni kegemaran mengumpulkan sesuatu.
- Membuat, yakni kegemaran dalam menciptakan sesuatu.
- Memperbaiki, yakni kegemaran mengotak-atik, merangkai dan sejenisnya.
- Bermain, yakni bermain game, main catur, olahraga, dll.
dan,
- Pendidikan seperti membaca, mengajar, dll.

2. Komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang layak untuk di terapkan karna berbicara dalam hal ini berbagi cerita kepada orang lain tentang masalah yang ada atau beban hidup yang kita hadapi kepada seseorang sangatlah baik untuk mengurangi beban pikiran yang dialami dan bisa memberikan efek mengurangi stres. dan juga, bercerita kepada orang lain bisa teman dekan, pasangan hidup atau orang yang dipercaya memungkinkan kita untuk mendapatkan solusi dari masalah yang kita hadapi. Bahkan, penelitian menunjukkan, orang yang tertutup lebih rentan mengalami stres daripada orang yang membuka diri.

3. Meditasi

Meditasi juga merupakan hal yang dapat mengatasi stres karena dapat membersihkan pikiran hingga mampu membuat seseorang untuk berkonsentrasi. Hal ini bisa terjadi karena meditasi mampu membuat detak jantung dan tekanan darah menjadi normal, pernapasan juga lebih teratur,  hingga mampu menurunkan kadar hormon stres. Bahkan, melakukan meditasi ampuh untuk membantu proses penyembuhan ketika sedang mengalami sakit. 

4. Berendam atau mandi

Memanfaatkan air dengan mandi atau berendam memiliki efek yang baik untuk mengatasi stres sebab ampuh untuk penyembuhan hingga penenangan diri. Efek dari suasana mandi atau berendam ini, mampu mengingatkan jiwa dan raga seseorang kepada suasana saat berada di rahim sehingga memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh. Agar lebih efektif, berendamlah menggunakan air hangat di bathub atau mandi dengan air hangat pada shower.

                                    baca juga cara meningkatkan stamina

5. Pemijatan

Pemijatan sangat baik dilakukan untuk relaksasi dan menormalkan tekanan darah. Karena dengan pemijatan, kualitas tidur seseorang akan lebih baik sehingga stres yang dirasakan semakin berkurang. Manfaat pemijatan ini telah banyak diteliti oleh para ahli. Menurut beberapa penelitian, pemijatan dapat mengusir stres karena terjadi perubahan biokimia tubuh setelah mendapat sentuhan tangan. Bahkan, penelitian menemukan bahwa hormon stres bisa berkurang hingga 53% setelah dibuktikan dengan studi terhadap 500 pria, wanita dan anak-anak yang menderita stres. 

6. Berteriak

Mungkin ada yang berfikir, kenapa berteriak ???
jangan salah loh.. Berteriak lepas dengan suara lantang juga merupakan salah satu cara yang bagus dilakukan untuk mengatasi stres. Saat kita dalam kondisi stres, seseorang pasti merasakan ada sesuatu yang mengganjal di hati. Oleh sebab itu, melepaskan perasaan yang tidak mengenakkan itu bisa dilakukan dengan cara berteriak, dan tentu saja baiknya dilakukan di lokasi yang luas, sepi dari orang-orang agar tidak mengganggu, bisa saja lokasinya di tepi pantai atau diatas tebing atau pinggiran sungai, dll. dan lakukanlah beberapa kali, atau pikiran dan jiwa merasa rileks.

terlalu panjang sepertinya...

Thanks for reading & sharing Minta Informasi

Previous
« Prev Post

1 comments:

Mari Berteman di Facebook

Follow Twitter Kami

Blog Archive